SADAP YANG TAK SEDAP

Indonesia di sadap?
Beberapa hari ini kita menyimak pemberitaan di media nasional berkaitan penyadapan yang dilakukan oleh Australia. Betapa kagetnya kita mengetahui bahwa pejabat-pejabat di negeri ini di sadap dengan mudah oleh Australia. Apapun kepentingan dan motivasinya bahwa kegiatan menyadap bangsa lain adalah melanggar etika bernegara apalagi bangsa yang bertetangga.

Kita jadi bertanya-tanya apa yang salah dalam ketahanan dan pertahanan teknologi nasional kita? Kenapa dengan begitu mudahnya disadap? Seperti kita ketahui bahwa Negara kita memiliki lembaga-lembaga yang bisa menangka segala macam mata mata seperti Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Intelejen Strategis (BAIS), dan Lembaga Sandi Negara (LSN).

Mengapa bangsa kita gampang di sadap dan lembaga-lembaga tersebut tidak mengetahuinya? Apakah teknologi pertahanan kita yang lemah? Kejadian ini bisa menjadi pelajaran berharga bangsa ini bahwa sangat penting menjaga negara dengan kemampuan dan teknologi yang tinggi sehingga tidak terjadi lagi penyadapan-penyadapan oleh bangsa manapun terhadap kedaulatan Indonesia. Pentingnya menyatukan seluruh kekuatan bangsa dalam menghadapi arogansi bangsa lain.

Belajar dari kejadian ini juga sudah saatnya Bangsa Indonesia memberikan sikap tegas dan jelas kepada Australia. Pernyataan pejabat Australia yang menyatakan tidak mau meminta maaf merupakan tindakan yang arogan sebagai sebuah negara tetangga. Ditariknya duta besar Indonesia untuk Australia adalah salah satu sikap bukti keseriusan kita menanggapi masalah ini. Headline media-media di Australia menulis kegiatan penyadapan negeri kanguru itu bahkan beberapa polling yang dilakukan menyatakan bahwa sebaiknya Australia meminta maaf atas kegiatan memata matai Indonesia. Menurut penulis Indonesia harus memberi bersikap tegas melalui penghentian kerjasama berbagai bidang dengan Australia.

Bangsa kita sudah saatnya menunjukkan jatidiri kita sebagai bangsa yang besar dan tidak bisa di dikte maupun di intervensi oleh negara manapun. Semoga dimasa depan Indonesia mampu menangkal segala macam ancaman dan intervensi dari negara manapun. Semoga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s